Penyuluhan Bencana Gempa

          Pada Bulan November lalu, KSR PMI Unit UNSOED baru saja menjalankan prpenyuluhanogram kerja dari divisi Pengabdian Masyarakat yaitu penyuluhan bencana alam yanh dilaksanakan SD N Karangsalam sabtu, 12 November 2016 lalu. Beberapa panitia penyuluhan tersebut berangkat pada jam 07.00 pagi yang diharapkan agar ketika sampai di SD N Karangsalam panitia dapat menyiapkan tempat untuk penyuluhan tersebut, sedangkan panitia lain melakukan briefing agar acara penyuluhan dapat berjalan dengan lancar.

         Acara pembukaan dimulai pada Jam 08.00 yang dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Sudarto pada jam 08.15 sebagai perwakilan dari kepala sekolah SD N karangsalam yang tidak dapat dikarenakan kepala sekolah sedang menghadiri pertemuan terkait perlombaan yang akan diikuti SD tersebut. Setelah itu diikuti dengan Komandan KSR PMI Unit UNSOED Purwaning Sri Rahajeng pada pukul 08.30 dan ketua panitia penyuluhan Ridha Aulia Haq. Setelah selesai sambutan – sambutan, dilanjutkan dengan acara ice breaking agar anak – anak yang mengikuti acara tersebut dapat berinteraksi langsung dengan panitia dan menghilangkan rasa canggung. Setelah ice breaking selesai pukul 08.45, acara dilanjutkan dengan pengkondisian untuk memasuki acara penyuluhan yang diisi oleh mas Agaraditya Fauzan Ali. Mas Radit sebagai pembicara pada acara penyuluhan tersebut terlihat sangat berbaur dan mudah diterima oleh para anak – anak peserta penyuluhan. Mas radit sebagai pembicara tidak hanya memberikan materi kepada peserta penyuluhan tetapi juga memberikan pertanyaan yang diharapkan agar anak – anak peserta penyuluhan dapat mengingat setiap materi yang diberikan. Ketika peserta penyuluhan ada yang memberanikan diri untuk menjawab akan diberikan hadiah dari panitia.

Setelah pemberian materi dan kuis yang diberikan oleh mas Radit, anak – anak peserta penyuluhan dikondisikan untuk melakukan simulasi ketika saat terjadi gempa. Anak – anak peserta sebelumnya diberikan materi apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi gempa seperti tidak mendekati jendela atau lemari, berlindung dibawah meja, menjauh dari bangunan, dan berkumpul di lapangan. Anak – anak terlihat sangat antusias ketika melakukan simulasi bencana gempa seakan mereka telah sigap jikalau terjadi bencana gempa.

Setelah simulasi selesai dilakukan pada jam 11.25 anak – anak yang telah melakukan simulasi diberikan snack oleh panitia dan dilanjutkan dengan foto – foto panitia bersama anak – anak peserta penyuluhan dan tim pengajar SD N Karangsalam. Setelah runtutan acara telah selesai, para panitia kembali ke PKM untuk melakukan evaluasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s